Perencanaan dan Perancangan Sistem Listrik pada Bangunan dan Industri

Tags : pengendalian-bunyi-dan-getaran-pada-produk-otomotif
Date :24 Januari 2015

Kebutuhan tenaga listrik pada bangunan dan industri saat ini dirasakan semakin meningkat, sebagai akibat dari banyaknya gedung / bangunan baru. Fungsi sistem instalasi listrik ialah untuk menunjang segala kegiatan yang dilakukan penghuni baik untuk penerangan maupun operasi mesin - mesin / perangkat yang memerlukan tenaga listrik. Jumlah kebutuhan tenaga listrik sangat bervariasi dan tergantung pada jenis, luas lantai dan fungsi bangunan itu sendiri. Dengan demikian perhitungan kebutuhan tenaga listrik yang tepat akan menentukan keadaan sistem kelistrikan dan keamanan bagi penghuni.
 
Kasus - kasus kecelakaan akibat kebakaran gedung yang terjadi belakangan ini banyak disebabkan oleh akibat instalasi listrik. hal ini menunjukkan bahwa segi perancangan, pemasangan dan perawatan instalasi listrik harus dipahami oleh para perancang dan pengelola gedung. Dalam perancangan instalasi listrik banyak faktor yang harus diperhitungkan. Baik dari segi teknis, prosedur maupun ketentuan dan peraturan - peraturan yang harus diikuti.
 
Sebagai upaya untuk lebih meningkatkan pengetahuan dalam perancangan instalasi listrik, perlu suatu penyegaran ilmu bagi para perancang dan teknisi, yang dituangkan dalam bentuk paket pelatihan yang dititik beratkan pada perancangan sistem kelistrikan termasuk instalasinya. Sekaligus sebagai ajang tukar menukar informasi dan pengalaman.